'/> Aplikasi Rapor Sd Dan Smp Dapodik - Kemdikbud -->

Info Populer 2022

Aplikasi Rapor Sd Dan Smp Dapodik - Kemdikbud

Aplikasi Rapor Sd Dan Smp Dapodik - Kemdikbud
Aplikasi Rapor Sd Dan Smp Dapodik - Kemdikbud
Dari sekian aplikasi rapor yang sudah banyak tersebar dan menggunakannya, sudah saatnya anda memakai Aplikasi rapor resmi dari kemdikbud, aplikasi ini dikhususkan untuk rapor SD dan Sekolah Menengah Pertama (Sekolah dasar dan Menengah) yang berbasis Dapodik.

DESKRIPSI APLIKASI RAPOR SD

Penjelasan umum mengenai Aplikasi Rapor SD ini yaitu sebagai berikut:
  1. Aplikasi Rapor sanggup dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar dan indikator yang diorganisasikan per sub tema, per tema dan per kelas.
  2. Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru.
  3. Apabila diperlukan, guru sanggup menambahkan kompentensi dasar dan atau indikator yang diharapkan untuk memperkaya pembelajaranApabila kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak diharapkan lagi, sanggup dihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak sanggup menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.
  4. Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran.
  5. Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini yaitu nilai untuk indikator pada tiap kompetensi dasar.
  6. Aplikasi Rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar.
  7. Aplikasi Rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol kasatmata dan negatif untuk tiap siswa.
  8. Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuai hasil butir 4.
  9. Sebelum dijalankan, aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahulu dengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (ptk), rombel dan siswa.
  10. Aplikasi sanggup di unduh di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id
Menu Utama Pada Aplikasi Rapor SD ini yaitu sebagai berikut:
1. Referensi
Melalui sajian ini, pengguna sanggup mengolah data rujukan yang akan dipakai pada sajian lainnya, seperti: Aspek Kesehatan, Tema, Sub Tema, Kompetensi Inti, Kompentensi Dasar dan Indikator.

2. Ekstrakurikuler
Melalui sajian ini pengguna sanggup menambah, mengubah atau menghapus jenis acara ekstrakurikuler dan anggota ekstrakurikuler.
Menu Ekstrakurikuler terdiri dari sub-menu Master Ekstrakurikuler dan Anggota Ekstrakurikuler.

3. Pemetaan
Melalui sajian ini pengguna sanggup melaksanakan pemetaan Mata Pelajaran yang ada pada Sub tema, Pemetaan Kompetensi Dasar dan Pemetaan Indikator. Pemetaan ini akan menetukan aspek yang akan dinilai pada setiap jenis penilaian.

4. Penilaian
Menu ini berfungsi untuk mengisi nilai setiap penerima didik pada seluruh jenis penilaian, seperti: Buku Harian Guru, Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Pada sajian ini juga pengguna sanggup mengisi Absensi Peserta Didik, Catatan Prestasi dan Penilan Pambahan (Saran- saran, Aspek Kesehatan dan Perkembangan Fisik Peserta Didik).
5. Rapor
Menu Rapor berfungsi untuk memproses pembuatan rapor sehingga dihasilkan bentuk keluaran rapor yang siap dicetak.

6. Tools
Pada sajian ini pengguna sanggup melaksanakan sinkronisasi data dengan database dapodik, seperti: kurikulum, mata pelajaran, pesertadidik, anggota rombel dan sebagainya.

7. Pengaturan
Menu Pengaturan berfungsi untuk mengelola Pengguna dan Group Pengguna.

PENGGUNAAN APLIKASI RAPOR SD

  1. Klik 2 kali pada icon Aplikasi Rapor SD.
  2. Selanjutnya pada layar akan muncul halaman login dari aplikasi sebagai berikut :
  3. Isi Nama Pengguna dengan NUPTK.
  4. Isi Password pengguna. Password pengguna diset secara otomatis sama dengan Nama Pengguna (NUPTK). Sehingga pengguna diwajibkan untuk mengganti password sehabis login berhasil.
  5. Pilih Tahun Ajaran dan Semester dimana nilai akan diisi.
  6. Jika Pengguna berhasil login, maka akan ditampilkan halaman Selamat Datang ibarat berikut: 
  7. Pada halaman tersebut, Pengguna sanggup mengakses Manuan/Petunjuk Penggunaan Aplikasi, caranya klik tombol Manual Penggunaan Aplikasi.
  8. Pada halaman tersebut juga disampaikan Call Center Subdit Pembelajaran Direktorat Pembinaan SD yang diperuntukkan bagi saran komunikasi antara Pengguna (Sekolah) dengan Pihak Subdit Pembelajaran Direktorat Pembinaan SD sebagai pengelola aplikasi ini.

MASALAH DAN SOLUSI INSTAL APLIKASI RAPOR SD dan SMP

Perlu kita ketahui, Aplikasi ini wajib di instal pada Laptop / PC yang sudah terinstal Aplikasi Dapodik di dalamnya. Kenapa? Hal ini dikarenakan Aplikasi Rapor ini mengambil data dan tersinkron dengan aplikasi dapodik. Makara apabila anda menginsal aplikasi ini pada PC / Laptop tanpa ada Dapodiknya maka, akan terjadi error dan tidak sanggup digunakan. Sebagai pola coba lihat 2 gambar di bawah ini :
Dari sekian aplikasi rapor yang sudah banyak tersebar dan menggunakannya Aplikasi Rapor SD dan Sekolah Menengah Pertama Dapodik - Kemdikbud
Masalah Aplikasi Rapor tidak sanggup dibuka

Dari sekian aplikasi rapor yang sudah banyak tersebar dan menggunakannya Aplikasi Rapor SD dan Sekolah Menengah Pertama Dapodik - Kemdikbud
Akibat Instal di Laptop / PC tanpa ada Dapodik 

Dengan mengetahui Cara instal yang baik dan benar maka anda sanggup menggunakan Aplikasi Rapor SD dan Sekolah Menengah Pertama Dapodik - Kemdikbud ini, silahkan download Aplikasi dan Panduan Penggunaan Lengkapnya di bawa ini


Advertisement

Iklan Sidebar